Menghadapi Si Kecil Yang Semakin Pintar Dalam Mengendalikan Atensi

Si Kecil yang Semakin Pintar

Si Kecil yang Semakin Pintar

Bayi yang baru lahir memiliki tingkat kemampuan atensi atau perhatian yang masih sederhana tapi sangat berguna. Salah satu contohnya yaitu mampu menggerakkan otot pada kantung matanya untuk mengarahkan pandangannya ke arah sesuatu yang bergerak, sesuatu yang berwarna cerah dan pada sesuatu yang mengeluarkan suara keras. Selain itu si bayi juga sudah memilki sistem syaraf khusus yang dapat membuat si bayi sensitif terhadap rangsangan tertentu seperti mata misalnya. Saat memasuki usia 3 hingga 7 bulan si kecil lebih menyukai melihat objek yang baru, si kecil tidak akan tertarik lagi pada objek lama yang selalu dilihatnya berulang kali. Dan pada saat memasuki usia 1 tahun, si kecil sudah mau berusaha untuk mencari objek atau suatu benda yang tidak terlihat oleh si kecil, selain itu si kecil juga sudah mampu mengkaitkan apa yang dilihatnya dengan apa yang dilihat oleh orang lain atau apa yang dilihat oleh orang tua seperti misalnya ketika si kecil menunjuk ke arah tertentu maka si kecil berharap orang tuanya cepat merespon dengan melihat kerah yang ia tunjuk.

Tentu saja proses ini membutuhkan perkembangan syaraf yang baik dan peran orang tua juga sangat penting dengan memberikan stimulasi yang mampu membantu meningkatkan atensi si kecil. Misalnya dengan meminta si kecil mengambil atau menyentuh suatu objek atau benda yang diarahkan atau yang ditunjuk, dalam hal ini semacam sebuah permainan. Dengan melakukan kegiatan ini, orang tua dapat mengetahui apakah si kecil mengalami perkembangan yang normal atau tidak normal.

Para  peneliti mengatakan bahwa pola tidur dan asupan makanan sangat mempengaruhi atensi si kecil, jadi orang tua tetap harus memperhatikan asupan gizi serta vitamin yang diterima si kecil yaitu dengan memberikan makanan tambahan berupa susu formula yang mempunyai kandungan gizi dan vitamin yang sangat baik seperti Enfamil A+OLac yang mengandung DHA dan ARA yang mendukung perkembangan otak si kecil serta bebas laktosa dan sukrosa.

Sumber : www.meadjohnson.co.id/parenting-tips/perkembangan-anak/perlembangan-kemampuan-si-kecil-dalam-mengendalikan-atensi




Leave a Reply

Your email address will not be published.