Gerakan Senam Hamil

Senam Hamil

Senam Hamil

Gerakan Senam Hamil, Manusia terutama wanita akan mengalami beberapa kali masa rentannya. Diantara masa-masa tersebut salah satu yang menjadi perhatian adalah masa hamil. Seorang wanita dalam kondisi hamil memiliki beban yang lebih berat untuk menjaga kesehatan diri dan janin yang dikandungnya agar tetap dalam kondisi yang sehat. Semakin bertambah usia kandungan, kondisi ibu atau calon ibu dapat saja semakin menurun atau lemah. Sementara itu, ibu membutuhkan fisik yang semakin kuat menjelang masa kelahiran untuk mempertahankan kandungannya dan pastinya proses melahirkan.


Latihan fisik seperti olah raga secara teratur dapat membantu ibu menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat. Salah satu olah raga yang mudah dilakukan ibu hamil adalah senam hamil. Beberapa gerakan yang mudah dilakukan dan memiliki manfaat yang besar antara lain adalah :

  •  Gerakan duduk sila dengan menegakkan punggung, letakkan tangan di atas kaki seperti orang yang sedang meditasi atau bersemedi. Lakukan gerakan ini selama beberapa saat sambil mengatur nafas secara teratur. Gerakan ini dapat dilakukan di atas matras, karpet, tikar, atau menggunakan alas duduk yang empuk lainnya.
  • Duduk di atas alas yang lembut dengan meluruskan kedua kaki ke depan dan condongkan tubuh ke belakang dengan siku sebagai topangan. Gerakkan telapak kaki lurus ke depan sehingga posisinya lurus dengan lutut (bentuk sikap poin) atau gerakkan telapak kaki ke samping dan kembali lagi tegak. Ulangi gerakan ini beberapa kali hingga merasa cukup, sesuaikan dengan kemampuan anda.
  • Tidur dengan bantal di kepala, angkat kedua kaki (membentuk posisi melahirkan), taeik nafas dalam-dalam melalui mulut, tahan, dan mengejan/mengeden (seperti orang ingin buang air besar). Latihan ini adalah untuk persiapan saat proses melahirkan tiba.

Manfaat dari gerakan yang dilakukan ini antara lain adalah untuk melemaskan otot dan memperlancar peredaran darah, membuat tubuh menjadi lebih rileks, segar dan bugar, serta memperlancar proses persalinan nantinya.

Sari Himawati




Leave a Reply

Your email address will not be published.