Asupan Gizi Bayi Prematur

Asupan Gizi Bayi Prematur

Asupan Gizi Bayi Prematur

Asupan gizi bagi bayi yang lahir prematur harus diperhatikan dengan seksama. Anda memerlukan strategi khusus untuk penanganannya. Anda harus memastikan asupan gizi ekstra untuk Anda sendiri yang sedang menyusui dan tentunya untuk bayi Anda. Bayi prematur sangat membutuhkan beberapa asupan nutrisi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi normal pada umumnya. Asupan protein adalah hal yang sangat penting bagi bayi prematur, maka takaran protein yang dibutuhkan lebih tinggi. Selain itu tentu saja asupan vitamin, mineral dan yang terpenting bagi perkembangan otak bayi adalah asupan DHA dan AA yang esensial.

Asupan gizi sangat akan memengaruhi tumbuh kembang bayi Anda. Maka dari itu Anda wajib memonitoring tumbuh kembang bayi Anda. Anda harus secara rutin mengukur pertumbuhan setiap minggu pada bayi Anda, seperti panjang lingkar kepala, dan diikuti oleh ukuran tubuh bayi lainnya. Anda pun harus mengecek retina mata, mengecek USG, mengecek pendengaran, dan juga tes biokimia. Selain itu, Anda harus mengatur suhu agar bayi tetap stabil yaitu suhu tubuh bayi prematur harus sesuai yaitu pada angka 36,5-37,5o C, hal ini dilakukan agar bayi yang lahir premature terhindar dari hipotermia dan hipertermia. Anda bisa melakukan ini dengan cara melakukan pendekatan langsung, metode ini dikenal dengan istilah kangaroo-care, yakni dengan sentuhan langsung kulit-ke-kulit dari ibu ke bayi prematur, Anda bisa memegang bayi Anda dan mendekapnya.

Ingat! Bahwa asupan makanan untuk bayi prematur harus diberikan secara teratur dengan nutrisi alamiah yang kaya akan vitamin, mineral, protein, serta DHA dan AA. Anda bisa mendampinginya dengan member susu formula tambahan seperti susu Enfamil PF. Susu Enfamil PF ini merupakan susu yang khusus diformulakan untuk bayi lahir prematur guna melengkapi asupan gizinya.

***

Sumber:

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/12/06/25/m65xpt-bila-bayi-lahir-prematur-beginilah-cara-perawatan-yang-tepat




Leave a Reply

Your email address will not be published.